PENGERTIAN DAN PELAKSANAAN PENJAMINAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN


PENJAMINAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN

a.       Definisi Penjamin Mutu
Secara Umum : 
Penjamin mutu adalah : Proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara   konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, prodosen, dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan.
Secara Khusus pelayanan kesehatan :
Penjamin mutu adalah : proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pelayanan kesehatan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders memperoleh kepuasan.
b.      Pelaksanaan Penjaminan Mutu
Didasarkan atas dokumen yaitu dokumen pelayanan kesehatan atau dokumen mutu.
1)      Dokumen pelayanan kesehatan sebagai rencana atau standar.
2)      Dokumen mutu sebagai instrumen untuk mencapai dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

c.        Kepuasan Pelanggan
     
    Philiph Kotler mendefinisikan
Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang.
d.      Pelayanan kesehatan dinyatakan bermutu atau berkualitas apabila :
1.      Pelayanan kesehatan mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif).
2.      Pelayanan kesehatan mampu memenuhi kebutuhan stakeholders (aspek induktif) berupa:
-        Kebutuhan kemasyarakatan  (societal needs)
-        Kebutuhan dunia kerja (industrialneeds)
-        Kebutuhan profesional needs)
   

e.       Tujuan Penjaminan Mutu
Memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh suatu sarana pelayanan kesehatan secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta memenuhi kebtuhan stakeholdersnya).

f.       Faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi mutu, ingat 9 M :
1.      Men
2.      Money
3.      Materials
4.      Machines and mechanization
5.      Modern information method
6.      Markets
7.      Management
8.      Motivation
9.      Mounting product requirement

g.       Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan
·         Kompetensi teknis
·         Akses terhadap pelayanan
·         Kontiniutas
·         Efektifitas
·         Keamanan
·         Efisiensi
·         Hubungan antar manusia
·         Kenyamanan

h.        Pelayanan Kesehatan Yang Baik
1)      Praktek yang rasional yang berdasarkan ilmu pengetahuan
2)      Menekankan pencegahan
3)      Kerjasama yang baik antar pasien yang awam dengan praktisi yang ilmiah medis.
4)      Memperlakukan individu sepenuhnya
5)      Hubungan dokter – pasien akrab dan berkesinambungan
6)      Koordinasi denga pekerjaan kesejahteraan sosial
7)      Koordinasi semua jenis pelayanan kesehatan
8)      Pelayanan untuk kebutuhan semua orang

i.         Mengukur Mutu Pelayanan Kesehatan àMutu Produk
Ø  Cacat (defect)
Ø  Kerja ulang (rework)
Ø  Terbuang (scrap)
Ø  Item hilang (loss item)
Ø  Pekerjaan terlambat skedulnya (back logs)
Ø  Pekerjaan terlambat selesai (late deliveries)
Ø  Item lebih (surplus item)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENGERTIAN DAN PELAKSANAAN PENJAMINAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN

  • Apa itu Mutu Pelayanan kesehatan ISO 2000Mengacu pada ISO 2000,Mutu diartikan sebagai “degree to which a set of inherent characteristics fulfills requirements.”Mutu adalah sesuatu untuk menjamin pencapaian tuju ...
  • strategi dan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatanSTRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANANAda empat hal yang perlu diperhatikan dalam pendekatan untuk mencapai pelayanan prima melalui peningkatan mutu pelayanan, yaitu sebaga ...
  • MUTU PELAYANAN KESEHATANMUTU PELAYANAN KESEHATANPENGERTIAN MUTU1.         Mutu adalah lingkar kesempurnaan dari penampilan sesuatu yang sedang diamati (W ...
  • peningkatan mutu pelayanan menurut Trilogi JuranMekanisme peningkatan mutu pelayanan menurut Trilogi Juran adalah sebagai berikut:1. Quality Planning, meliputi:1.      Menentukan pelanggan.2.& ...
  • Syarat pokok pelayanan kesehatanSYARAT POKOK PELAYANAN KESEHATANSyarat pokok pelayanan kesehatan yang dimaksud (Azwar, 1996) adalah :1. Tersedia dan berkesinambunganSyarat pokok pertama pelayanan keseh ...

0 komentar:

Posting Komentar